Ngarit!

Ngarit! Dalam bahasa Indonesia berarti merumput. Kegiatan ini sudah semakin jarang sekali saya temukan di sekitar kampung halaman saya. Saat masih kecil kegiatan ngarit ini banyak dilakukan, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Saat itu masih ada beberapa tetangga yang memiliki ternak, baik kambing, sapi atau kerbau. Pemandangan seorang pengembala kambing sambil menenteng arit (sabit) dan karung pun sudah awam dilihat. Sang pengembala itu biasanya melepas kambing-kambingnya di tanah lapang yang berumput lalu dia sekalian mencari rumput untuk dibawa ke rumah.

Pemandangan orang mencari rumput ini menjadi keseharian di kampung-kampung. Sayangnya, saat ini di kampung halaman saya sudah cukup susah menemukan orang yang ngarit.

Namun di beberapa kampung di kaki Gunung Merapi sekitar kecamatan Kemalang dan kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, ternyata saya masih melihat pemandangan orang-orang yang menggotong rumput. Para pencari rumput ini membawa tumpukan rumput di atas kepala atau dengan bantuan sepeda. Rumput-rumput itu akan dijadikan pakan untuk ternak-ternak mereka di rumah. Sebagian dari penduduk di kaki Merapi memang menggantungkan hidup dari hasil ternak.

Para pencari rumput ini tidak melulu bapak-bapak berotot, lho, seringkali mereka adalah kaum ibu yang superwoman banget! Saya sendiri mikir bahwa saya nggak bakal kuat ngangkat beban rumput sebanyak itu.

Entah mengapa, saat saya melihat seorang ibu menggotong seikat besar rumput di atas kepalanya saya melihat sebentuk cinta antara Merapi dengan penduduk di kakinya, antara alam dengan manusia, cinta yang saling menjaga, saling memahami satu sama lain.

 

2 Comments

Filed under Travelogue

2 Responses to Ngarit!

  1. yonchan

    saparr…suka banget sama postingan ini

  2. dansapar

    @yonchan: jadi kangen ngarit ya?? ;) )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>