Uniknya Batik Betawi

Siapa sangka batik juga pernah berkembang di Betawi alias Jakarta. Geliat Batik Jakarta alias Batik Betawi ini kembali tampak di salah satu pusat batik terkenal di ibukota, yaitu Pusat Batik Nusantara. Sejarah dan perkembangan Batik Betawi (yang asli) konon sudah ada sejak jaman Batavia. Saat itu Batik Betawi telah diproduksi secara rumahan di beberapa tempat seperti i Palmerah, Bendungan Hilir, Karet Tengsin, dan Kebon Kacang (sumber: Tabloid Nova).

Beberapa contoh Batik Betawi yang asli bisa dijumpai di Museum Tekstil di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Batik Betawi ini memiliki ciri khas layaknya batik pesisiran yang berwarna cerah bahkan ngejreng. Sedangkan motif dan corak Batik Betawi tidak lepas dari budaya yang berkembang di Betawi yang banyak dipengaruhi budaya-budaya dari China, Arab, India dan Belanda. Motif-motif dalam Batik Betawi antara lain ondel-ondel, ciliwung, nusa kelapa, hingga pohon rasamala.  Bahkan saat ini makin beragam lagi motif-motif dari Batik Betawi, mulai motif Si Pitung, Motif alat musik Tanjidor, motif Topeng Betawi, hingga motif Monas.

Dalam beberapa motif dan corak di Batik Betawi tampak motif-motif yang satu genre dengan motif dan corak Batik Kompeni, dimana dalam selembar batik digambarkan kehidupan suatu kelompok masyarakat. Motif-motif setipe Batik Kompeni yang berkembang di Cirebon itu antara lain Motif Menjala Ikan hingga Motif Menumbuk Padi.

Kini, Batik-batik Betawi  ini kembali eksis. Batik Betawi sedang berusaha untuk kembali dikenal luas seperti masa-masa silam, tidak sebatas koleksi di Museum Tekstil atau dipake di ajang Abnon.

Dan, untuk mendapatkan selembar Batik Betawi atau satu pakaian jadi dengan bahan Batik Betawi pun semakin gampang. Untuk memperoleh Batik Betawi ini bisa langsung menuju Pusat Batik Nusantara di Thamrin City atau di beberapa pusat batik lainnya, seperti Pusat Grosir Cililitan.

Di Pusat Batik Nusantara Thamrin City, Batik Betawi bisa ditemukan di gerai-gerai Batik Cirebonan. Yaps, beberapa pengrajin Batik Cirebon memang memproduksi batik dengan motif Betawi. Saya sendiri tidak ingin nyinyir dengan bilang, “Batik Betawi kok diproduksi di Cirebon.”

Meskipun memang Batik Betawi dikembangkan secara lebih massal di Cirebon, saya pribadi tidak terlalu mempermasalahkan di mana Batik Betawi ini diproduksi. Toh, untuk mendapatkan Batik Betawi yang benar-benar diproduksi oleh pengrajin Betawi juga tidak mudah. Saya lebih mengapresiasi bagaimana pengrajin batik di luar Betawi (Jakarta) yang ternyata mampu mengangkat kembali budaya Betawi dalam bentuk batik daripada mempermasalahkan mpat produksi yang tidak benar-benar asli sesuai dengan namanya, Batik Betawi.

Saya sendiri lebih memilih mengagumi bagaimana keunikan motif dan corak Batik Betawi ini. Unik banget!

Trivia:

  • Harga selembar (ukuran panjang 2 meteran / 2 m lebih) Batik Betawi print di Pusat Batik Nusantara dibuka dengan harga Rp. 65.000,00. Batik Betawi Tulis dengan warna dasar putih dibuka dengan harga Rp. 150.000,00. Dan, Batik Betawi Tulis dengan warna dasar selain putih dibuka dengan harga Rp. 200.000,00. Harga tersebut tentu saja kudu ditawar! 
  • Harga Batik Betawi akan semakin mahal jika motif makin rumit dan warna makin banyak. Harga di atas hanya patokan saja, ya!

4 Comments

Filed under DKI Jakarta, Kain Indonesia, Travelogue

4 Responses to Uniknya Batik Betawi

  1. samsul hudha

    Bacaan lo ya, ga jauh.. nova. hahahaha

  2. dansapar

    @kakek samhud: hhahahaaa… plak!

  3. joko

    setahu saya batik betawi yang paling lengkap ada disini : www dot batikndreyon dot com

  4. batik ndreyon PUSAT BATIK KHAS BETAWI
    PGC (Pusat Grosir Cililitan) 2 Lt. 2 No. 609-610 Zona Biru / Galeri Batik, CILILITAN, JAKARTA TIMUR
    HP: 082111011132 / 085882011132, PIN BB: 26B8213F

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>