Mengenal Batik-Batik dari Jawa Barat

*Batik Motif Simbar Kencana Majalengka (SUMBER)*

Bila bicara batik di Jawa Barat pasti saya langsung tertuju ke Cirebon. Selama ini saya hanya mengenal Cirebon sebagai salah satu pusat batik di Jawa Barat, bahkan bisa dibilang di Indonesia. Batik di Cirebon memang berkembang dengan baik, namun ternyata kerajinan batik juga mulai tampak dikembangkan di beberapa daerah lain di Jawa Barat. Bila beberapa waktu yang lalu akhirnya saya mengenal Batik Garut yang lebih dikenal dengan Garutan, kini saya jadi tahu lebih banyak lewat situs Balerea Batik Jabar yang saya dapatnya dari hasil googling dengan keyword Batik Bogor.

Ternyata batik juga berkembang baik di Jawa Barat, bahkan batik juga ada di daerah-daerah yang selama ini nggak saya duga sama sekali. Dari hasil berselancar di Balerea Batik Jabar itu pula saya semakin sadar bahwa banyak banget ragam batik di Indonesia. Setiap daerah bisa mencipta batik dengan motif khas sendiri-sendiri karena setiap daerah memiliki keunikan sendiri-sendiri.

Begitupun dengan batik yang berkembang di Jawa Barat. Setiap daerah memiliki motifnya sendiri-sendiri. Meskipun memang nggak bisa dipungkiri jika tetap ada pengaruh-pengaruh dari daerah lain. Namun usaha untuk mengembangkan batik lokal di daerah sendiri patut diacungin jempol. Memproduksi batik lokal tidak hanya sekedar melestarikan kerajinan membatik, namun juga menciptakan peluang ekonomi baru.

Dari situs Balarea Batik Jabar, saya dapat wawasan baru tentang batik lokal produksi daerah di Provinsi Jawa Barat. Semua kabupaten/kota di Jawa Barat ternyata memiliki motif batik khas, lho. Semua foto dan keterangan tentang batik di Jawa Barat bisa dilihat langsung ke situs Balarea Batik Jabar.

Huwiiii…. Siap-siap untuk wisata batik akhir pekan, nih! Kan, baru punya batik dari Kabupaten Cirebon,  Kabupaten Garut, dan satu jaket Batik Bogor pemberian Oma Ndahdien saja.

*Jaket Batik Bogor pemberian Oma Ndah*

8 Comments

Filed under Jawa Barat, Kain Indonesia, Travelogue

8 Responses to Mengenal Batik-Batik dari Jawa Barat

  1. Till…. koleksi batik lo dah berapa lemari?
    Keren deh kalo rumah 5 hektar lo dibuatin galeri batik koleksi pribadi ;)
    *kasih selempang duta batik cantik

  2. dansapar

    @Ndah: huahahhaaaa *blm seberapa, kok, koleksi batik gue ;)

  3. KEREN SOOBB ARTIKELNYA..!!!
    5jempol buat ente. :D

  4. mulailah tanamkan seni batik pada pemuda dan pemudi mulai dari sekarang, agar perkembangan batik tidak terhambat karena pengrajin batiknya sudah tua dan tidak mampu lagi membatik.

  5. Didi Mulyadi, S. Pd.

    Nuhun kanggo informasina,
    Kaleresan nuju milari desain motif batik Kab. Bandung Barat,
    Alhamdulillah tos kenging tinu situs Balarea Batik Jabar…
    Hatur nuhun pisan, Lur….

  6. dansapar

    @ Pak didi: sami-sami pak

  7. aduh meuni lucu ning, batik ti Jawa barat teu ka kantun tinu batik sanesna, hatur nuhun informasina..mudah2an batik sunda jntn kbudayaan sunda anu di mumule ku wargana, kanteunan ku warga dunia..

  8. dansapar

    @kang ade: sami2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>