Panduan Belanja Batik di Kota Solo

Keliling Kota Solo nggak lengkap rasanya jika nggak hunting batik! Sebagai salah satu pusat batik di Pulau Jawa, Solo menyediakan beragam pilihan batik yang nggak hanya murah namun juga beragam motif sekaligus warnanya. Apalagi saat ini Batik Solo nggak melulu berwarna sogan sehingga bagi pecinta batik berwarna selain cokelat klasik pun sangat dimanjakan saat berburu batik di kota berjulukan The Spirit of Java ini.

Keistimewaan batik di Solo sepertinya mendapat perhatian khusus Dinas Pariwisata setempat. Terakhir berkunjung ke Solo, saya mendapati satu tempat baru untuk belanja batik. Tempat baru bernama Lumbung Batik ini semakin menambah daftar spot-spot yang harus dikunjungi jika ingin berbelanja batik di Solo.

Wait, tapi jangan bingung dan jangan jadi linglung! Saya mencoba mendata tenam tempat belanja batik di Kota Solo versi on the spot!

1.     Pasar Klewer

Satu pilihan klasik untuk belanja di Solo tentu saja jatuh ke Pasar Klewer. Sebagai salah satu pasar batik terbesar di Indonesia, berkeliling Pasar Klewer untuk mencari batik favorit  sangat worth it untuk dilakukan. Terlebih kegiatan belanja di Klewer bisa dilakukan sambil berwisata kuliner karena banyak makanan khas Solo yang dijual di Pasar Klewer.

*Sumber*

 Untuk harga batik yang dijual di Pasar Klewer sangat beragam, dari puluhan ribu pun ada.

 2.     Pusat Grosir Solo

Nah, apabila ingin berbelanja batik tapi tidak ingin repot blusukan bisa mencoba hunting batik di Pusat Grosir Solo yang memiliki tipe bangunan kayak ITC.

*Sumber*

Dengan menempati sebuah gedung bertingkat, maka kegiatan belanja batik untuk cendera mata pun terasa lebih nyaman. Terlebih batik-batik yang dijual di Pusat Grosir Solo ini memiliki harga grosir, sehingga semakin jago nawar semakin miring pula harganya.

Pusat Grosir Solo ini terletak di Beteng/Pasar Kliwon.

 3.     Kampung Batik Kauman

Satu tempat hunting batik di Solo yang baru sempat saya jelajahi di liburan lebaran tahun ini adalah Kampung Batik Kauman.

*Sumber*

Selintas Kampung Batik Kauman mirip dengan Kampung Batik Laweyan, dimana saya perlu menyusuri gang demi gang lalu masuk satu rumah ganti ke rumah lainnya untuk melihat koleksi-koleksi batik yang dijual oleh para pedagang. Namun khusus untu Kampung Batik Kauman ini terdapat beberapa pedagang yang menjual batik-batik produksi massal sehingga koleksi batiknya terasa berbau-bau Tanah Abang/Klewer. Namun jangan khawatir di Kampung Batik Kauman ini terdapat satu tempat yang wajib kunjung karena memiliki koleksi batik yang aduhai!

Dan, nama yang nggak boleh lupa untuk dituju ketika ingin belanja batik di Kampung Batik Kauman adalah Batik Gunawan Setiawan! Silakan dicek koleksinya tapi harap ingat pepatah lama, ada harga ada rupa.

 4.     House of Danar Hadi

Danar Hadi merupakan salah satu brand batik yang cukup terkenal di Indonesia. Dan, apabila berkunjung ke Solo jangan terlewat untuk mampir ke House of Danar Hadi karena di tempat ini pengunjung tidak hanya bisa melihat-lihat/belanja koleksi batik dari Danar Hadi, namun juga singgah ke museum batiknya.

Di dalam Museum Batik Danar Hadi ini pengunjung bisa melihat rekam jejak perjalanan batik, di samping juga tentu saja keindahan dari batik itu sendiri. Dan, apabila mampir ke House of Danar Hadi jangan lupa menyempatkan cemal-cemil ke Soga.

House of Danar Hadi ini terletak di Jalan Slamet Riyadi 261. Perjalanan saya ke House of Danar Hadi bisa dibaca diSINI.

5.     Kampung Batik Laweyan

Salah satu tempat favorit saya untuk belanja batik di Solo adalah Kampung Batik Laweyan. Selain keberagaman batik yang ditawarkan (dan tentu saja  banyak yang unik), Laweyan juga memberikan pengalaman lain berburu batik.

Menempati sebuah kampung yang disulap sedemikian menjadi kampung wisata, Laweyan sepertinya telah siap menerima para pelancong. Sudah dua kali saya blusukan di Laweyan dan selalu mendapatkan keramahan dari para penjualnya meskipun kerap kali saya hanya lihat-lihat koleksi batiknya saja.

Dan, satu hal lain yang menarik di Laweyan adalah bangunan-bangunan tua yang banyak sekali ditemui. Rumah-rumah tua tersebut selain difungsikan sebagai tempat tinggal juga sebagai gerai batik, sehingga berkeliling dari gang ke gang lain di Kampung Batik Laweyan memberikan pengalaman yang lebih!

*Hasil Hunting*

Saya selalu menikmati hari saya ketika saya berada di sini, di Kampung Batik Laweyan. Yaa… meskipun akhirnya syok juga lihat isi dompet karena biasanya bakalan kalap belanja batik kalo sudah berada di Kampung Batik Laweyan! *lirik Dita & Ombolot*

6. Lumbung Batik Solo

Nah, satu tempat baru yang bisa dijadikan alternative untuk belanja batik di Solo adalah Lumbung Batik Solo. Lumbung Batik ini merupakan pusat perbelanjaan batik yang didirikan oleh Koperasi Pamong Pengusaha Batik Surakarta (PPBS). Di Liburan Lebaran tahun ini saya menyempatkan berkunjung ke LUmbung Batik Solo yang berada di Kelurahan Sondakan, Laweyan, Solo.

*Sumber*

Lumbung Batik ini menempati sebuah bangunan yang tidak terlalu besar, namun di dalamnya banyak sekali pedagang batik yang memajang koleksinya. Berkeliling di Lumbung Batik ini semacam makan di food court, cukup mendatangi satu tempat tapi bisa menyediakan cukup pilihan. Memang Lumbung Batik ini kalah besar jika dibandingkan dengan Pusat Grosir Solo, namun jika ingin belanja batik dengan lebih nyaman dan tidak perlu naik turun tangga, maka Lumbung Batik Solo bisa dijadikan pilihan.

7 Comments

Filed under Jawa Tengah, Kain Indonesia, Travelogue

7 Responses to Panduan Belanja Batik di Kota Solo

  1. Nama aku disebut jg di celeb blog ini …

    Trus kalo dompetmu jebol kudu nge-lirik gw ya par

    *Tamparin tentengan batik kemaren nih*

  2. zou

    Par, mudik kapan ? Temenin aku blusukan di Kampung Batik Laweyan dong .. Kabarin ya, via Whatsapp .. ;)

  3. dansapar

    @Ombolot: hahahhahaa… kmrin gue ke klewer tapi untungnya cm numpang makan aja, hihihi

    @Zou: yuk, kapan…. *pdhl kmrin baru balik klaten dan maen ke solo ;p

  4. Ari

    Katanya 7 mas? Kok di atas cuma 6 tempat belanja batik? Atau aku yg salah hitung yak? *scroll ke atas*

  5. dansapar

    @Ari: oh iya enem ya….*hahahah mulai pikun *thx *buru2 edit ;) )

  6. halo

    bagus nih blognya apikk

    mau tanya dari semua pusat jualan batik yang disebutkan apa ada spesialisasinya

    misalnya yang paling murah utk beli grosir (buat dijual lagi) yang mana?

    trus yg paling bagus2 yang mana?

  7. dansapar

    Klo untuk grosiran coba saja ke pasar klewer, mas/mba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>