Berburu Pantai di Jogja

*Di Puncak Asmara (Pantai Siung)*

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau lebih akrab disebut Jogja memang mempunyai alam yang istimewa. Dengan luas 3.185,80 km2 Keindahan Jogja membentang dari puncak gunung hingga tepian samudra. Dengan bentang alam yang memesona tersebut sekaligus didukung pula dengan kekhasan budayanya, nggak heran jika akhirnya Jogja menjelma menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit di Indonesia. Dan, salah satu keindahan Jogja tampak sangat jelas di hamparan pantai yang membentang di tiga kabupaten di provinsi istimewa ini yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sisi selatannya. Tiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kulonprogo di paling barat, kemudian Kabupaten Bantul, dan terakhir Kabupaten Gunung Kidul di sisi timur.  Kalo liat peta tampak cukup panjang daerah di Jogja yang berbatasan langsung dengan laut! Apalagi kalo cuman untuk guling-gulingan. *kurang kerjaan banget, deh!*

Maka, kegiatan berburu pantai di Jogja itu nggak kalah serunya dengan maen Angry Birds! EEAA

Pantai Parangtritis atau Trio BKK (Baron, Krakal, Kukup) memang namanya cukup ‘bergema-bergema-di-hati-penggemarnya’ , bahkan dikenal hingga luar Jogja. Namun sebenarnya pantai di Jogja nggak cuman itu saja, lho. Masih banyak pantai-pantai di Jogja! Bahkan kalo diliat list pantai di Gunung Kidul versi situs wisata gunung kidul saja saya merasa malu karena nggak sampe setengahnya yang berhasil saya kunjungin, hiks! Padahal, pantai-pantai di Jogja nggak cuman di Gunung Kidul aja, masih ada di Bantul hingga Kulonprogo. Nah, lho! Butuh berapa lama tuh untuk muterinnya? Hihi.

Sebenarnya saya sendiri sudah mengunjungi minimal satu pantai di masing-masing kabupaten, namun memang cukup banyak yang belum pernah dijadikan tempat buat ajang narsis sehingga saya merasa harus bikin list pantai di Jogja yang harus saya kunjungi suatu saat nanti! So, mari berburu pantai di Jogja! *telepon rajawali milik Indosiar untuk nganterin

@Pantai di Kabupaten Kulonprogo, Jogja

Pantai-pantai di kabupaten dengan ibukota di Wates ini memang tampak kurang berasa gaungnya dibandingkan dengan pantai-pantai di dua kabupaten lainnya. Salah satu pantai yang pernah saya kunjungi adalah Pantai Glagah  beberapa tahun silam pas saya baru saja lulus kuliah dan sekurus tiang listrik.

*Pantai Glagah di Tahun 2007*

Sebenarnya selain Pantai Glagah masih terdapat pantai lainnya, seperti Pantai Trisik dan Pantai Congot. Untuk Pantai Congot sendiri  sebenarnya berdekatan dengan Pantai Glagah (ke arah barat-cmiiw) namun karena letaknya berada di dekat muara sungai, saat itu saya dan teman-teman urung untuk mampir dan malah bablas hingga ke Pantai Ketawang di Purworejo.

*Pantai Glagah (sumber: travel jogja)*

Sedangkan apabila berjalan ke arah timur dari Pantai Glagah akan ditemui Pantai Trisik. Menurut informasi di Yogyes, pantai ini memiliki suasana pedesaan di pesisir yang mayoritas memiliki mata pencarian sebagai nelayan. Selain itu terdapat pula Tempat Pelelangan Ikan di dekat Pantai Trisik.

*Pantai Trisik (Sumber: Yogyes)*

Dan, salah satu keistimewaan lain dari Pantai Trisik adalah pantai merupakan salah satu tempat persinggahan burung migran dari berbagai wilayah.

Huwiss, keren, deh! Tapi ternyata masih ada pantai lain, lho. Hasil googling (yang menurut Roid si PNS Sexy itu udah kayak Bismillah sebelum makan) di blog INI saya nemuin satu pantai lagi di Kulonprogo dengan nama Pantai Bugel yang berada di antara Pantai Trisik dan Pantai Glagah.

 *Pantai Bugel Kulonprogo (Sumber)*

@Pantai di Kabupaten Bantul Jogja

Pantai Parangtritis dengan segala kisahnya menjadi primadona tersendiri di kabupaten ini, namun sebenarnya masih ada pantai-pantai lain di Bantul yang nggak kalah memikatnya.

*Pantai Parangtritis via Yogyes*

Berdasarkan situs resmi DPRD Bantul terdapat tiga kawasan wisata pantai di sini, yakni Kawasan Wisata Parangtritis, Kawasan Wisata Samas dan Kawasan Wisata Pandansimo.

Kawasan Wisata Parangtritis sendiri merupakan kawasan wisata yang paling tersohor. Terakhir saya berkunjung ke sini pada tahun 2008 make motor bareng teman-teman yang sedang kuliah di Jogja. Hanya bermodalkan kamera VGA saya tampak kesulitan untuk mengabadikan keindahan Parangtritis. *terjadul*

Kawasan Parangtritis ini sebenarnya memiliki beberapa pantai selain Parangtritis, seperti Pantai Parangendog, Pantai Parangkusumo, Pantai Parangharjo dan Pantai Depok yang terkenal dengan wisata kulinernya.

Selain itu masih ada satu tempat yang mepet pantai dimana saya pengin banget ke sana, yakni Gumuk Pasir, yang meskipun bukan padang pasir namun tetap menggoda untuk dikunjungi meskipun sebenarnya emang udah pernah lihat namun belum puas aja kalo belum explore. Apalagi konon gumuk pasir ini merupakan satu-satunya fenomena alam yang ada di Asia Tenggara!

*Gumuk Pasir Parangtritis (Sumber)*

Kawasan wisata kedua, yakni Samas memiliki pantai seperti Pantai Samas, Pantai Patihan, Pantai Goa Cemara dan satu mercusuar yang membelah langit Jogja! Beruntung saya sudah pernah mendaki mercusuar ini beberapa tahun yang lalu. Keren banget kalo pas cuacanya bagus! Sayang dulu pas mendung.

Kawasan wisata di Bantul berikutnya adalah Pandansimo. Hampir semua pantai di Pandansimo ini belum pernah saya jelajahi. Beberapa pantai yang berada di sini adalah Pantai Pandansimo, Pantai Kwaru yang memiliki kemiripan dengan Pantai Goa Cemara karena kawasan pantainya ditumbuhi pohon cemara udang, dan Pantai Baru di Srandakan yang saya ketahui dari blog ini.

 @Pantai di Kabupaten Gunung Kidul, Jogja

Meskipun tampak cukup gersang namun Gunung Kidul menyimpan pesona pantai indah, termasuk pantai dengan pasir putih!

*Pantai Siung*

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal jika saya sendiri belum bisa mengunjungi separuh dari jumlah pantai di kabupaten ini karena saking banyaknya. Berikut list pantai yang saya dapat dari situs wisata gunung kidul:

Pantai Banyunibo , Pantai Baron, Pantai Busung, Pantai Butuh, Pantai Drini,  Pantai Gesing, Pantai GrigakPantai Jagang Kulon, Pantai Jogan Wetan, Pantai Karangtelu, Pantai Kelosirat, Pantai Kesirat, Pantai Klampok, Pantai Klumpit, Pantai Krakal, Pantai Krokoh, Pantai kukup, Pantai Lambor, Pantai Langkap, Pantai Muncar, Pantai Nampu, Pantai Ngandong, Pantai Ngetun, Pantai NgobaranPantai Ngondo, Pantai Ngrenehan, Pantai Nguluran, Pantai Ngungap,Pantai Ngunggah, Pantai Nguyahan, Pantai Pakundon, Pantai Parangedong, Pantai Parangracuk, Pantai Sadeng,Pantai Sawahan, Pantai Sepanjang, Pantai Siung, Pantai Slili, Pantai Songlibeg, Pantai SundakPantai Timang,  Pantai Torohudan, Pantai Watugupit, Pantai Watutogok, Pantai Wediombo, Pantai Weru.

Gila,  Banyak banget pantai di Gunung Kidul! Berasa girlband, deh! *tetiba terdengar koor i want youuu.. i need you … i love you….* Sebenarnya jika mo berburu pantai di Gunung Kidul emang lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil atau motor. Tiga kali menjelajah pantai di Gunung Kidul, dua kalinya saya menggunakan motor sehingga bisa masuk ke pantai-pantai yang sebenarnya saya pun tidak tahu namanya kecuali yang memang sudah ada papan namanya, seperti Pantai Trio Baron Krakal Kukup yang jaraknya berdekatan, trus Pantai Sundak.

Berburu pantai di Gunung Kidul menggunakan motor memang memberikan keseruan tersendiri karena jalanan yang penuh tanjakan dan turunan yang berliku sanggup memberikan sensasi yang W-O-W! Terlebih jalan sepi sehingga bisa puas untuk menikmati pemandangan yang ada. Namun jangan lupa siapin jaket atau pake sunblock biar nggak gosong! Panasnya menyengat banget kalo pas musim kemarau.

Beberapa pantai di Gunung Kidul sudah pernah saya kunjungi, seperti Pantai BKK (Baron, Krakal, Kukup), Pantai Siung, dan beberapa pantai yang tidak saya tahu namanya karena saya lupa namanya. Haha!

Gunung Kidul memang sangat memesona untuk urusan pantai. Sangat layak untuk dijelajahi! Dan, saya pun nggak sabar untuk berburu pantai di Jogja, khususnya Gunung Kidul ini!

 *Sumber Foto: Danang Ari & Dan Sapar*

Beberapa foto pantai lain di Gunung Kidul bisa dilihat di SINI. Dan, di antara banyak pantai di Gunung Kidul tersebut saya tertarik banget untuk ngunjungin Pantai Indrayanti, Pantai Ngobaran, dan Pantai Timang.

*Pantai Indrayanti & Ngobaran, Sumber Yogyes*

Pantai Timang (Sumber)

11 Comments

Filed under DI Yogyakarta, Travelogue

11 Responses to Berburu Pantai di Jogja

  1. Selama ini yang saya tahu cuma pantai Parangtritis. Ternyata masih banyak pantai2 yg tak kalah keren dari paris.

  2. waaah….
    asiiik nih jalan-jalannya…
    bisa jadi referensi… :)

  3. bee

    Rajawali bukannya milik RCTI yaaa…indosiar kan ikan terbanggg? #salahfokus

  4. dansapar

    @tongkonanku: betul..
    @msdienz: silakan…
    @bee: itu lho maksudku burung2 rajawali yg ada di sinetron indosiar, dudu logone ;p

  5. pantai indrayanti memang indah…

  6. dansapar

    @ivan: iya kayaknya emang bagus ya..

  7. Pingback: Kodim Purworejo Berhasil Jaring 1.309 Akseptor KB Baru | ambangbatas

  8. halo salam kenal.
    mau tanya dong, klo dari jogja ke gunung kidul itu berapa jam ya?

  9. dansapar

    @icamarshal: waktu tempunya jogja – gunung kidul sekitar 1-1,5 jam aja kok, klo sampe pantai2nya mungkin bisa sampe 2 jam

  10. Wuihhh kl ke Jogja next targetnya pantai nieh!! Banyak amat yak kak Dan!! :)

  11. dansapar

    @@Kak Timo: iya banyaakkk, yg rumahnya di klaten aja sampe skrg belum khatam menjelajah pantai di jogja :(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>