Objek Wisata Klaten

*Candi Plaosan*

Ketika saya melakukan aktivitas blogwalking dan nyangkut di blog milik Pak Nono dan membaca postingan tentang Obyek dan Daya Tarik Wisata di Kabupaten Klaten Bersinar, saya sempat diam sesaat melihat beberapa saat. Ternyata banyak tempat di kota kelahiran saya yang belum sempat dijelajahi. Ke mana aja kamu selama ini? *suara ghaib langsung koor panjang*

Terkadang tinggal sekian lama di suatu tempat membuat seseorang kurang peka, termasuk dengan saya sewaktu tinggal di Klaten dari lahir sampai SMA. Selama masa itu saya hanya beberapa kali blusukan mencari tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. Faktor passion yang belum ketemu mungkin membuat saya tidak begitu tertarik dengan aktivitas berupa traveling, menulis dan fotografi.

Hingga akhirnya ketika saya mulai tertarik dengan kegiatan tersebut, saya seakan meraba-raba kota kelahiran saya sendiri. Begitupun ketika saya ditanya Ayos Purwoaji dari HiFatLoBrain untuk menyebutkan lima hal yang ‘Klaten Banget’. Saat itu pun saya juga meraba-raba banget untuk menyebutkan segala sesuatu yang sangat Klaten banget.

Andai saat itu saya sudah baca blog Pak Nono, pasti saya lancar nyebutin lima hal yang sangat Klaten banget selancar Syahrini ngucap ‘Alhamdulillah Ya Sesuatu’ atau Ayu Ting Ting bilang ‘Sik Asiik!’.  Hihihi!

Sesuai dengan informasi yang diperoleh dari blog Pak Nono tersebut, ternyata terdapat banyak sekali obyek dan daya tarik wisata di Klaten. Ada delapan kelompok obyek dan daya tarik yang disajikan dan tiap kelompok memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi! Wow… Sesuatu! Mari kita lihat!

1.  Objek dan Daya Tarik Wisata Alam

  • Deles Indah
  • Sendang Kali Reno ( Deles Kemalang )
  • Sendang Tretes ( Ngreden Wonosari)
  • Sendang Nglebak (Desa Krakitan Kecamatan Bayat)
  • Umbul Buto ( Kedungan Pedan )
  • Rowo Jombor ( jimbung )
  • Sendang Bulus Jimbung
  • Taman Rekreasi anak anak di Bukit Sidoguro
  • Gua Kendil dan Gua Payung ( Krakitan Bayat )
  • Bukit Petung ( Sidorejo Kemalang)
  • Umbul Gedaren ( Kel jatinom Kec jatinom )
  • Gua Suran ( Kel jatinom Kec jatinom )
  • Pemandian Lumban Tirto
  • Pemandian Jolotundo
  • Pemandian ponggok
  • Umbul Tirto Mulyono dan Tirto Mulyani ( Pluneng Kebonarum )
  • Sendang Klampeyan
  • Sendang Gotan
  • Sendang Riyo Manggolo
  • Sendang Maerokoco
  • Sendang Sinongko ( Pokak Ceper )
  • Sendang Belik gatak ( Jimus Polanharjo )
  • Umbul Tirtomoyo (Ds. Kedungan Kec. Pedan)
  • Gunung Watu Prahu (Dk. Girisono Ds. Gunung Gajah Kec. Bayat)
  • Taman Bambu Cendani (Ds. Sidorejo Kec. Kemalang)
  • Goa Jepang (Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang)
  • Goa Jetis (Kelurahan Jatinom Kec. Jatinom)
  • Umbul Susuhan (Desa Manjungan Kec. Ngawen)
  • Umbul Her Pancuran Sidomulyo (Ds. Soropaten Kec. Karanganom

Dari obyek dan daya tarik wisata alam di Klaten ini saya hanya pernah beberapa kali mengunjunginya, antara lain Rowo Jombor, Pemandian Ponggok, Pemandian Jolotundo, Umbul Susuhan, Umbel Pluneng yang ternyata saya baru tahu kalau bernama Umbul Tirtomulyono untuk laki-laki dan Umbul Tirtomulyono untuk perempuan, serta Taman Rekreasi Bukit Sidoguro yang ternyata  adalah bukit yang berada di dekat Rowo Jombor itu! *baru tahu*

 2. Objek dan Daya Tarik Wisata Buatan 

  • Museum Gula Jawa Tengah dan Pabrik Gula Gondang Baru
  • Gedung Olah Raga (GOR) Gelar Sena
  • Monumen Nartosabdo (Kelurahan Tonggalan Kec. Klaten Tengah)
  • Monumen Juang ’45 (Ds. Jonggrangan Kec. Klaten Utara)
  • Monumen Perwari (Kelurahan Tegalyoso Kec. Klaten Selatan)
  • Kolam Renang Kawasan Komando Pendidikan Latihan Tempur
  • Bumi Perkemahan Kepurun (Ds. Kepurun Kec. Manisrenggo
  • Monumen PERATA
  • Taman Bukit Sidagora (Desa Krakitan Kecamatan Bayat)
  • Pemandian Tirtomulyono (Ds. Pluneng Kec. Kebonarum)
  • Pemandian Tirtomulyani (Ds. Pluneng Kec. Kebonarum)
  • Kolam Renang/Pemandian Jolotundo
  • Kolam Renang/Pemandian Lumban Tirto
  • PT. Cokro Supertirta (Ds. Wunut Kec. Tulung)
  • PT. Aquafarm Nusantara (Ds. Wunut Kec. Tulung)
  • Agrowisata rambutan (Ds. Tulung Kec. Tulung)
  • Kolam renang/Pemandian Ponggok
  • Kolam Renang dan Arena Bermain Tirto Raharja
  • PT. Aqua Golden Mississippi
  • Kolam Renang/Pemandian Sumber Nila
  • Monumen Slamet Riyadi (Ds. Sidoarjo Kec. Polanharjo)
  • Agrowisata Bonsai
  • Pasar dan kelompok Seni Lukis
  • Kebun Tembakau

 Mengingat list ini bukan hanya sekedar obyek wisata melainkan juga daya tarik dari Klaten, tidak heran jika terdapat tempat seperti Gedung Olahraga serta salah satu perusahan air minum kemasan. 

Jika melihat beberapa tempat di daftar wisata buatan, saya lebih tertarik untuk menelusuri monumen-monumen yang ternyata banyak jumlahnya. Selain itu tentu saja saya tertarik untuk mengunjungi  Museum Gula yang selalu saja gagal dikunjungi sewaktu pulang kampung.

3. Objek dan Daya Tarik Wisata Budaya (Wisata Ziarah) 

  • Makam Kerabat Karaton Kartasura
  • Makam Pahlawan 45 Jonggrangan
  • Masjid Atta “Awun (Ds. Banaran Kec. Delanggu)
  • Makam Veteran Pejuang Kemerdekaan RI
  • Makam Ki Ageng Perwito (Ds. Ngreden Kec. Wonosari)
  • Astono Hargomulyo Gunung Wijil
  • Makam Kyai Kaligawe (Ds. Kaligawe Kec. Pedan)
  • Arca Nyi Loro Tanjungsari (Desa Ceper Kecamatan Ceper)
  • Makam R. Ng. Ronggowarsito
  • Makam Kyai Brojo Anilo (Desa Sajen Kecamatan Trucuk)
  • Batu Megantoro (Desa Sajen Kecamatan Trucuk)
  • Makam Ki Ageng Glego (Ds. Kalikebo Kec. Trucuk)
  • Makam Ki Ageng Jayeng Resmi
  • Makam Ki Nerangkusumo
  • Petilasan Sunan Kalijati
  • Makam Gedhong Gedhe/Kyai Ageng MadSahar
  • Makam Kyai Ketib Banyumeneng
  • Masjid Besar SRIDJAJA (Ds. Bawak Kec. Cawas)
  • Makam Ki Mireng Langse
  • Makam Kyai Pandanaran
  • Masjid Besar Sunan Pandanaran
  • Makam Pangeran Wuragil Gunung Malang
  • Makam Syech Kewel (Ds. Nengahan Kec. Bayat)
  • Makam Syech Domba Gunung Cakaran
  • Makam Sayid Habib (Desa Krakitan Kecamatan Bayat)
  • Masjid Agung Kauman
  • Makam Gusti Panembahan Agung
  • Makam Eyang Gusti Semaring Gedhong Mindi
  • Masjid Mindi (Ds. Kaligayam Kec. Wedi)
  • Makam Kyai Ageng Syarifuddin
  • Makam Kyai Melat
  • Masjid Agung (Kelurahan Kabupaten Kec. Klaten Tengah)
  • Komplek Makam Panembahan Romo, Pangeran Riyomenggolo
  • Pesanggrahan Pakoe Boewono X
  • Makam Kyai Maloyopati (Dk. Deles Ds. Sidorejo Kec. Kemalang)
  • Makam Ki Ageng Gribig (Kelurahan Jatinom Kec. Jatinom)
  • Masjid Besar Jatinom (Kelurahan Jatinom Kec. Jatinom)
  • Masjid AlitJatinom (Kelurahan Jatinom Kec. Jatinom)
  • Makam Sorowaden (Desa Kahuman Kec. Ngawen)
  • Masjid Sorowaden (Desa Kahuman Kec. Ngawen)
  • Makam Eyang Proyokusumo (Desa Kahuman Kec. Ngawen)
  • Makam Kyai Imam Rozi
  • Makam Nyai Sawunggaling (Desa Mayungan Kec. Ngawen)
  • Makam Gedhong Drono Mandurorejo
  • Makam Kyai Karsorejo
  • Makam Nyai Ageng Anjang Mas
  • Makam Kyai Ageng Putut Selogringging
  • Makam Soejono Hoemardani (Ds. Janti Kec. Polanharjo)
  • Makam Eyang Joyokartiko (Ds. Janti Kec. Polanharjo)
  • Masjid Al-Fatah (Ds. Keprabon Kec. Polanharjo)
Saya kurang begitu suka dengan wisata ziarah, namun untuk wisata budaya saya cukup tertarik untuk melakukannya di suatu waktu ketika pulang kampung. Banyak tempat di obyek dan daya tarik wisata budaya dan ziarah ini tampak begitu asing di telinga saja sehingga kalau pun saya mengunjungi satu per satu kudu banyak sekali mencari sumber referensi.

4. Objek dan Daya Tarik Wisata Budaya (Peninggalan Sejarah) 

  • Taman Wisata Candi Prambanan (Dk. Ngringin Ds. Tlogo Kec. Prambanan)
  • Candi Lumbung (Dk. Ngangkruk Ds. Tlogo Kec. Prambanan)
  • Candi Bubrah (Dk. Ngangkruk Ds. Tlogo Kec. Prambanan)
  • Candi Sewu (Dk. Ngangkruk Ds. Tlogo Kec. Prambanan)
  • Candi Asu (Dk. Bener Ds. Bugisan Kec. Prambanan)
  • Candi Plaosan Lor (Dk. Plaosan Ds. Bugisan Kec. Prambanan)
  • Candi Plaosan Kidul (Dk. Plaosan Ds. Bugisan Kec. Prambanan)
  • Candi Sojiwan (Dk. Banjarsari Ds. Kebondalem Kidul Kec. Prambanan)
  • Candi Merak (Dk. Candi Ds. Karangnongko Kec. Karangnongko)
Nah, untuk bagian ini saya sangat tertarik untuk mengujunginya satu per satu. Beberapa candi, seperti Candi Merak, Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul sudah pernah dikunjungi sehingga saya tinggal meneruskan berburu candi-candi lainnya di Klaten. Dan, saya juga baru tahu jika Candi Prambanan-nya itu terletak di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sedangkan tamannya berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

5. Objek dan Daya tarik Wisata Budaya (Wisata Kerajinan) 

  • Sentra Kerajinan Tatah Sungging Wayang Kulit
  • Sentra Kerajinan Wayang Kayu (Ds. Gemampir Kec. Karangnongko)
  • Sentra Kerajinan Payung
  • Sentra Kerajinan Mebel Ukir (Ds. Serenan Kec. Juwiring)
  • Sentra Industri Mebel (Ds. Sajen Kec. Trucuk)
  • Sentra Industri Mebel (Ds. Gombang Kec. Cawas)
  • Sentra Kerajinan Lurik (Desa Pedan Kecamatan Pedan)
  • Sentra Industri Konveksi (Desa Wedi Kecamatan Wedi)
  • Sentra Pembuatan Cor Logam
  • Sentra Kerajinan Keramik
  • Sentra Kerajinan Tanduk Kerbau (Sungu) dan Penyu
  • Sentra Industri Alat Pertanian dan Alat Dapur
  • Sentra Kerajinan Manik-Manik
  • Rumah Seni Cempaka
  • Rumah Batik Nusa Indah

Berkunjung ke sentra industri lokal memang menjanjikan pengalaman yang menarik. Sebagai contoh ketika saya berkunjung ke Rumah Batik Fendy (belum masuk dalam list) saja saya sudah seneng banget bisa tahu batik yang diproduksi di Klaten. 

Berkat list tersebut saya jadi penasaran untuk mencari tahu lebih lanjut, deh!

6. Objek dan Daya Tarik Wisata Budaya (Upacara Tradisional) 

  • Upacara Yaqowiyu (Kelurahan Jatinom, Kec. Jatinom)
  • Upacara Bersih Sendang Sinongko (Desa Pokak, Kec. Ceper)
  • Upacara Bersih Desa Tanjungsari (Desa Ceper, Kec. Ceper)
  • Upacara Padusan
  • Upacara Ruwahan/Jodangan (Desa Paseban, Kec. Bayat)
  • Upacara Syawalan (Desa Krakitan, Kec. Bayat)
  • Upacara Maleman (Desa Jonggrangan, Kec. Klaten Utara)
  • Upacara Memuli (Desa Bawak, Kec. Cawas)
  • Upacara Sadranan (Desa Ringinputih, Kec. Karangdowo)
Di bagian ini saya begitu tertarik untuk bisa mengunjunginya satu per satu. Beberapa upacara pernah saya lihat, seperti Yaqowiyu dan Syawalan, begitupun dengan Sadranan yang memang di tempat tinggal saya pun ada. 

7. Objek dan Daya Tarik Wisata budaya (Seni Perunjukan Tradisional) 

  • Wayang Orang
  • Wayang Klitik
  • Wayang Kulit
  • Wayang Babad
  • Jathilan
  • Gejog Lesung
  • Srandul
  • Kethoprak
  • Karawitan
  • Srunthul
Okay, untuk wayang orang, wayang kulit, ketoprak, jathilan dan karawitan saya tahu, namun untuk nama-nama lainnya saya masih merasa asing. Duh, sedemikian dangkalnya pengetahuan saya tentang seni pertunjukan tradisional kota kelahiran sendiri *keplak pake blencong* hihihih
8. Desa Wisata 
  • Desa Wisata Keprabon (Kec. Polanharjo)Desa Wisata Janti (Ds. Janti Kec. Polanharjo)
  • Desa Wisata Janti
  • Desa Wisata Paseban (Kec. Bayat)
  • Desa Wisata Krakitan (Kec. Bayat)
  • Desa Wisata Jimbung (Kec. Kalikotes)
  • Desa Wisata Melikan (Kec. Kalikotes)
  • Desa Wisata Soran (Desa Duwet Kec. Ngawen)
  • Desa Wisata Pokak (Kec. Ceper)
  • Desa Wisata Ponggok (Kec. Polanharjo)
  • Desa Wisata Jatinom (Kec. Jatinom)
  • Desa Wisata Juwiring (Kec. Juwiring)
  • Desa Wisata Tegalmulyo (Kec. Kemalang)
  • Desa Wisata Sidorejo (Kec. Kemalang)
  • Desa Wisata Plawikan (Kec. Jogonalan)
  • Desa Wisata Ceper (Kec. Ceper)
  • Desa Wisata Sobayan (Kec. Pedan)
  • Desa Wisata Bugisan (Kec. Prambanan)
  • Desa Wisata Manisrenggo (Kec. Manisrenggo)
Ternyata banyak banget desa wisata di Klaten!
Huwaaa baru tahu! Siap-siap untuk dijelajahi, nih!

12 Comments

Filed under Jawa Tengah, Travelogue

12 Responses to Objek Wisata Klaten

  1. Rad

    Ya ampun, kebanyakaaan! Ehehehe :p
    Mudah2an tempat2 tersebut cukup menarik untuk dikunjungi ya. Terkadang saat masuk ke tempat wisata, yang disajikan tidak semenarik seperti yang dibayangkan walaupun informasinya menyebar di internet.

  2. dansapar

    @@Rad: hahhaaa, lha aku yg orang klaten aja sampe kaget liat listnya saking banyaknya :)

  3. chy

    baru tau klo sebanyak itu. . .

  4. dansapar

    @Chy: iyap. saya jg baru tahu klo banyak bgt ternyata ;p

  5. lind

    saya baru tahu ada tempat wisata sebanyak itu di klaten, padahal saya sendiri orang klaten,,,, hehhee

  6. dansapar

    @Lind: iya podho, ini aku jg cah klaten tp jg g ngeh klo sebanyak itu ;)

  7. diajeng

    info yang sangat berguna untuk orang yang baru tinggal di klaten. makasih infonya bos

  8. dansapar

    @Diajeng: sugeng rawuh wonten klaten bersinar, mba ;)

  9. Mursali Massali

    Perlu berapa lama nih, kalo semuanya dikunjungi ?
    Sepertinya perlu bangun Pos II….he….he…..he……
    Terima kasih infonya. Kok Karangnongko jarang ya tempat wisatanya ? Aku ada Keluarga di situ.

  10. dansapar

    @Pak Mursali: kalo di karangnongko ada candi merak, pak

  11. wisata klaten ga menarik sma skali !

  12. dansapar

    @intan maharani; mungkin bagi kamu nggak menarik, soalnya beda orang beda selera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>