Rumah Keramik F. Widayanto Depok

Awalnya saya mengenal F. Widayanto ketika mengunjungi Pameran Semarak 30 Semar yang diadakan di Galeri Nasional. Saat itu saya belum mengetahui sama sekali tentang keberadaan rumah keramik ini. Setelah mengelilingi koleksi berbagai ragam wujud semar, saya mencoba untuk mengambil brosur dan sedikit bertanya-tanya kepada penjaga hingga akhirnya saya menemukan informasi terkait rumah keramik ini.

Rumah Keramik F. Widayanto yang sering disebut pula dengan Rumah Tanah Baru ini terletak di Jl. Curug Agung No.1, Tanah Baru, Beji, Depok, Jawa barat.  Rumah Tanah Baru ini bukan sekedar rumah biasa karena tempat keren ini menyediakan  alternatif liburan unik di seputaran Jakarta, yaitu wisata keramik. Sudah dua kali saya berkunjung ke daerah Beji ini, meskipun tidak sekalipun mengikuti paket workshop ‘Fun With Clay’ yang ditawarkan dengan harga Rp225.000,00/orang (untuk dewasa) dan Rp125.000,00 (untuk anak-anak). Selama dua kali mengunjungi rumah keramik ini, saya hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,00 (harga di tahun 2009) dan saya bebas menikmati rumah seluas 13.000 meter persegi ini. Termasuk pula berfoto-foto ria. Tentu saja saya tidak bisa ikutan kursus bikin keramik atau hal-hal lain yang ditawarkan dalam paket wisata tersebut. Namun saat itu saya masih bisa menikmati rumah tanah baru dengan koleksi keramik-keramiknya yang sangat bagus.

Dengan panorama yang asri dan udara yang  segar serta suasana yang tenang bisa membuat betah berlama-lama di sini. Memang sih perlu usaha cukup keras sewaktu kunjungan pertama kali, dimana saya kudu geber motor dari Karet menuju Beji bareng Dita.

Dengan modal peta yang bisa diunduh dari situs http://www.fwidayanto.com saya dan Dita nekat untuk menyusuri jalanan dengan resiko kesasar! Haha. Namun untungnya saya dan Dita selamat sampai tujuan. Ya walaupun dengan bau asap karena kudu ngikutin angkot biar nggak kesasar.

Selain menawarkan paket liburan keluarga dengan kursus keramik, Rumah Tanah Baru juga menyediakan jasa penginapan dengan rumah tradisional panggung yang unik. Namun sayangnya ketika saya mencoba untuk mencari tahu informasi melalui situsnya saya tidak menemukan informasi terkait penginapan. Dulu saya mendengar langsung informasi ini ketika berkunjung ke sana.

Berkunjung ke Rumah Keramik Tanah Baru F. Widayanto ini memang bikin nggak mau pulang. Selain tempatnya nyaman, juga tersedia rumah makan dengan menu yang menarik untuk dicoba. Selain itu di dalam area ini juga terdapat Gallery Shop dimana pengunjung bisa memilih keramik-keramik lucu untuk dibawa pulang.

Informasi terkait Rumah Keramik Tanah Baru F. Widayanto:

 

Rumah Tanah Baru :
Jl. Curug Agung No. 1 Tanah Baru, Beji – Depok
Phone: (021) 775 7685 , (021) 775 7686 or
(021) 906 99066
Fax.: (021) 775 7686
e-mail: informasi@fwidayanto.com
situs: http://www.fwidayanto.com

Hours of operation : Daily 8:00 am to 4:00 pm
Closed on Public Holidays

Galeri Keramik F Widayanto
Jl. Setiabudi II no. 11 – Jakarta 12910
Phone: (021) 526 2309 or (021) 522 3547
Fax.: (021) 525 3891
e-mail: informasi@fwidayanto.com

Gallery Hours:
Monday – Friday 9:00 am to 5:00 pm
Saturday – Sunday 10:00 am to 4:00 pm
Closed on Public Holidays


Hours of operation : Daily  8:00 am to 4:00 pm
Closed on Public Holidays


8 Comments

Filed under Jawa Barat, Travelogue

8 Responses to Rumah Keramik F. Widayanto Depok

  1. kok ndak ada cerita acara tidur siang di bawah salah satu rumah? ;P

  2. dansapar

    @@Dita: hahhahaha…. tidur krn kelelahan pas puasa ;)

  3. Baru tau ada ginian di jakarta

  4. dansapar

    @Mz Toro: tepatnya mepet jakarta, ada di depok XD

  5. wow ternyata ada yang posting tempat kita juga…lain waktu main ke gallery nya juga ya…..tq

    salam kenal

  6. dansapar

    @mansur: salam kenal…. kapan2 saya maen ke sana lg kalo ad waktu mas, tempatnya enakkk :D

  7. yaya

    di sana bisa untuk pre wed gak ya?…. dan di kenakan biaya gak untuk pre wed?
    kayaknya spotnya oke bgt tuh

  8. dansapar

    @yaya: wah sayangnya saya kurang tahu klo soal itu, maaf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>