Gimana sih Caranya Beli Tiket Kereta Online?

*Pic dari SINI*

Awalnya saya mengira bahwa sudah banyak orang yang mengetahui bahwa pembelian tiket kereta api nggak kudu ngantri-mengular-desak-desakan-rawan-pencopetan-dan-grepe-grepean. Namun ternyata saya sedikit terhentak ketika teman saya yang sedikit nunun sekaligus renta mengirim pesan gtalk (bahkan sms) untuk menanyakan tentang bagaimana step by step pembelian tiket kereta api secara online?

Sebenarnya saya ingin berteriak lantang, “Helllooo …. selama ini hidup dimana sih, kek? Kenya?” #langsung dilempar emas batangan sama si kakek!

Namun berhubung saya tidak pelit untuk sekedar sharing apalagi sebentar lagi puasa (PLAK! Apa hubungannya coba?), maka saya memberikan informasi sekedarnya hingga kakek itu paham. Ya … meskipun setelah mencoba beli terrnyata tiketnya sudah habis! Hahahaha.

Untuk saat ini banyak cara untuk melakukan pembelian tiket kereta api, seperti yang tertera dalam website PT KAI. Dimana calon penumpang bisa melakukan pembelian di berbagai tempat selain loket pemesanan di stasiun kereta. Tempat-tempat itu antara lain:

  1. Agen Resmi PT KAI. Saya pernah melakukan pembelian tiket kereta melalui agen dan tidak mengalami masalah yang berarti, kecuali memang saat-saat peak season seperti lebaran yang kudu jauh-jauh memasukan nama di waiting list daripada nggak dapat jatah tiket mudik. Untuk list agen bisa dilihat di SINI.
  2. Kantor Pos. Prosedur pemesanan melalui kantor pos bisa dilihat di SINI. Saya sendiri pernah melakukan pembelian di kantor pos, namun karena tiket yang ingin dicari sudah habis maka saya urung untuk membeli. Cara pesannya cukup gampang, kecuali memang jaringan memang sedang offline dan sayangnya nggak semua kantor pos melayani pembelian tiket kereta.
  3. Via Call Center. Mungkin inilah yang dimaksud dengan pembelian tiket secara online, meskipun sebenarnya belum sepraktis ketika melakukan pembelian tiket pesawat. Untuk step by step bisa dilihat di SINI. Langkah pertama yang harus dilakukan calon pembeli adalah memiliki telepon rumah/hp untuk melakukan panggilan ke call center melalui nomor 121 (telepon rumah) atau 021-121 (handphone). Lalu ketika tersambung yang perlu dilakukan hanya bersabar tingkat dewa. Kalo beruntung memang langsung nyambung dengan petugas, namun jika lagi apes ya wassalam. Perlu lima menit baru tersambung dengan petugasnya. Hihihi. Selepas itu, tinggal nyebutin nama kereta, jumlah kursi, lalu mencatat kode booking. Kelar urusan dengan call center yang bikin banting telepon itu, waktunya melakukan pembayaran yang baru bisa dilakukan melalui ATM saja (Itupun baru Bank Mandiri, BRI, BII, OCBC NISP, BPD DIY, BPR KS). Cara melakukan pembayaran via atm adalah dengan klik menu pembayaran >> tiket >> kereta api >> memasukan kode booking >> checking >> bayar sesuai harga. Apabila terdapat kesalahan pemesanan mending dibatalin saja. Untuk jangka waktu pembayaran dari pemesanan hanya diberikan waktu 3 jam saja. Lewat dari itu ulangi dari langkah pertama dengan MENELEPON DENGAN SABAR sambil mendengarkan pesan “Telepon Anda Penting Bagi Kami. Silakan Menunggu.”
  4. Indomaret. Cara paling baru yang bisa dilakukan untuk melakukan pembelian tiket kereta adalah lewat gerai indomaret. Tinggal ngesot lalu nemuin kasir trus pesan kereta sesuai tujuan kemudian bayar plus charge Rp. 7.500,00 maka tiket pun sudah di tangan. Sangat gampang, meskipun tetap saja tergantung jaringan, jika offline ya silakan banyak-banyak berdoa saja! Hihihihi. Sayangnya sampai saat ini belum semua gerai indomaret menyediakan jasa pemesanan tiket kereta api.

*Daftar Gerai Indomaret area Jakarta yang melayani pembelian tiket kereta*

(sepertinya sekarang udah lebih banyak lagi deh!)

*Pembelian Tiket Kereta hanya bisa untuk kelas bisnis dan eksekutif*


*Indomaret area Tangerang yang melayani pembelian tiket kereta*

Jadi, sekarang sedikit lebih gampang kan untuk beli tiket kereta? Yaa … meskipun beberapa kali saya tetap sedikit emosi gara-gara jaringan yang ngadat.. Masak saya sudah sabar nungguin tersambung dengan call center dan dapat kode booking tapi ternyata pas bayar melalui atm nggak bisa-bisa, padahal sudah nyobain melalui Mandiri dan BRI. Kemudian nyoba ke Indomaret juga nggak bisa. Duh! Rasanya pengin terapi kesabaran di sepanjang rel kereta api deh! Hihihi.

UPDATE: Kini membeli tiket kereta api on line sudha nggak seribet dulu lagi, lho!

Silakan buktikan sendiri di http://www.kereta-api.co.id/ dan simak pengalaman saya di SINI.

6 Comments

Filed under Travelogue

6 Responses to Gimana sih Caranya Beli Tiket Kereta Online?

  1. Mungkin KAI memang bukan level gue ya.
    *kalem*
    *bingung nyari bus*

  2. dansapar

    @@ samhoed: huahahhaaa… percaya deh yg tiket pesawatnya udah 9 biji ;p

  3. jamri

    paling nyaman pake tiket.com tuh pak bisa pilih tempat duduk

  4. dansapar

    @Mas Jamri: iya klo skrg pilihannya banyak, bisa online di tiket.com atau situs resmi KAI.

  5. Andy Wijaya

    Kapan disini kita bisa nyaman dan gampang beli ticket kereta ?sedangkan ada uang aja susah apalagi minta gratis karena kehabisan uang gimana tuh?Pembayaran melalui ATM sangat libet,pusing,stress,masa orang mau pergi kasih waktu 2 jam untuk pembayaran kalau ATM lagi penuh gimana jadinya?BCA yang paling populer tidak bisa pusing deh ,tolong dong belajar dari Negara2 Maju malu deh rasanya hidup di kota besar masih serba susah

  6. jadi agen ppob delaprasta saja , bisa buka layanan pemesanan tiket kereta api ..dari ekonomi sampai eksekutif ..resmi ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>