Rumah Batik Fendy, Klaten

rumah batik pendy

Sebelumnya saya pernah menulis tentang salah satu tempat yang bisa dijadikan rujukan untuk membeli batik dengan harga miring tapi kualitas mumpuni dengan label Batik Fendy diPOSTINGAN INI. Kebetulan rumah batik ini memang berasal dari Klaten, tidak begitu jauh dari rumah, sehingga kadang-kadang Rumah Batik Fendy inilah yang menjadi tempat untuk membeli batik, baik untuk keperluan kondangan atau baju kerja saban jumat.

rumah batik pendy

Saat pulang kampung terakhir bulan Juni ini, saya menyempatkan kembali menyambangi Rumah Batik Pendy yang beralamatkan di Desa Gopaten, Gemblegan, Kalikotes, Klaten atau di sebelah utara Perum Klaten Kencana. Sebagai bantuan bisa dilihat petunjuk berikut:

DARI ARAH JOGJA: Jogja – Pertigaan Rumah Sakit Tegalyoso – Jalan By Pass (jalur bus) – lurus terus ikutin jalan – perempatan lampu bangjo abis Polres Klaten – Belok Kanan – Ambil jalan lurus sampe menthok ikutin jalan kemudian belok kiri (di sini sudah ada plang Rumah Batik Pendy) – Ikutin Jalan kemudian belok kanan masuk ke Gapura – Rumah Batik Pendy tidak jauh dari Gapura itu.

DARI ARAH SOLO: Solo – Ambil jalan Jogja/Solo – Terminal Klaten – Belok Kiri ke arah Jalan By Pass (Jalur bus) – Perempatan Lampu Bangjo pertama – Belok kiri – Ambil jalan lurus sampe menthok ikutin jalan kemudian belok kiri (di sini sudah ada plang Rumah Batik Pendy) – Ikutin Jalan kemudian belok kanan masuk ke Gapura – Rumah Batik Pendy tidak jauh dari Gapura itu.

Rumah Batik Fendy ini menenmpati sebuah rumah tinggal yang disulap menjadi sebuah gerai  dengan berbagai macam koleksi batik, mulai dari kain, kemeja pria, pakaian wanita, baju anak-anak, tas, syal, sampai kaos. Batik Fendy menggunakan berbagai macam jenis bahan, mulai katun, sutra, bahkan sampe ada bahan lurik yang dibuat untuk pakaian dan tas. Sedangkan untuk proses pembatikannya sendiri, ada yang dicetak atau ditulis tangan dengan motif yang cukup unik dan nggak terlalu pasaran, apalagi terdapat beberapa motif yang digabung-gabung.


rumah batik pendy

rumah batik pendy

Kisaran harga yang ditawarkan di sini cukup beragam. Untuk kemeja pria lengan pendek (yang sering dibeli) dipatok harga mulai dari Rp. 50.000,00 hingga ratusan ribu. Menurut saya, kemeja batik pendy lengan pendek seharga Rp. 100.000,00 saja sudah sangat baik kualitasnya, apalagi dengan motif yang unik.

So, nggak ada salahnya mencoba mampir ke Rumah Batik Pendy jika kebetulan sedang melakukan perjalanan dari Jogja menuju Solo atau sebaliknya karena pasti melewati Kota Klaten Bersinar. Aheu ini kayak ala Duta pariwisata, Kang Mas Klaten saja. Haha

batik pendy

batik pendy

13 Comments

Filed under Jawa Tengah, Kain Indonesia, Travelogue

13 Responses to Rumah Batik Fendy, Klaten

  1. itu yg terakhir batik yg mau gw beli, cuman akhirnya gw beli yg warna merah, titipannya uda Rahmawati Firdausiah dink. lo gak beli batiknya yg motif sandal2 itu par … lucuk tauukk

  2. dansapar

    @ Ombolot: aku suka lho yg batik2 print di pendy, warnanya meriah, lucu2, murah lagi. klo yg motif sandal itu cocok buat ke pantai yaaa….

  3. itu yang warna ungu itu lucu, bdw batik papua jg lucu-lucu loh, sayang rada mahal

  4. ayo november singgah kesini yok :p

  5. wahh ini mah tetangga saya..deket mksdnya hehehe…
    btw slm kenal ya mas..

  6. dansapar

    @@ Kokoh: ntar klo pas aq mudik juga bisa nitip klo kelamaan, koh :)

  7. dansapar

    @@ Rina: salam kenal balik …. wah berarti sama2 klaten jg ki ;)

  8. mas danang: ada webny?? biar bs belanja ol

  9. dansapar

    @@ Nizz: wah sayange nggak ono. kudu langsung ke sana :)

  10. iya mas..gentongan tau ngga..hehehe..disitu rmhku.
    klatennya mn mas?

  11. dansapar

    @@ Rina: aku di kwaren. ngerti? klo gentongan aku ngerti :)

  12. masih bingung tempatnya..

  13. dansapar

    @pendopo: jalan di samping BAT (deket terminal) lurus aja, kok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>