Lombok: Senggigi, Malimbu, Pura Batu Bolong

AHA! Bepergian ke Pulau Lombok di Propinsi Nusa Tenggara Barat seperti mimpi saja. Saya tidak terlalu merencanakan trip kali  ini, tapi malah bisa sampai juga ke Senggigi, snorkeling tanpa bantuan tali, keliling gili, hingga akhirnya kulit terbakar lagi. WOW! Perjalanan minggu lalu benar-benar diluar rencana tapi tetap penuh celaan sekaligus nyinyiran karena saya pergi bareng Kelompok Pencela dan Penyiyir jebolan Karimun Jawa!

Trip Lombok  ini memang hanya berawal dari Kelompencapir (Kelompok Pencela dan Penyiyir) Laskar Karimyun  yang tiba-tiba saja bersemangat untuk merayakan dirgahayu pertama untuk pamer perut sixpack di Trawangan,  meskipun tanpa kehadiran Ari yang perutnya lagi benar-benar onepack karena lagi hamil tua.

Berangkat ke Lombok menggunakan Lion Air (tentu saja dengan delay), saya menginjakkan kaki pertama kali di Bandara Selaparang dengan sedikit basah kuyup karena hujan turun plus perut lapar karena belum sempat makan dari Jakarta. Malam itu saya berangkat bareng  Samhoed, Rudy Gaga, Gulam, dan Hardhian. Sedangkan Ndah dan Dian sudah sampai sebelumnya. Lalu, dimana satu orang lagi? Oh Tac? Kalo nggak delay paling juga ngurus sapi. .. Hihihi.

Seperti jadwal liburan yang sudah saya tulis sebelumnya di SINI dan sedikit bocoran foto di SINI, kali ini saya buka dengan catatan tentang kawasan wisata Senggigi, dimana selepas dari bandara saya dan teman-teman juga menginap di sebuah homestay di Senggigi dengan nama yang sangat eksis di tahun 90-an, SONYA! *Eh, itu SONIA!

@SENGGIGI

Kawasan Senggigi dikenal sebagai salah satu destinasi wajib kunjung jika pergi ke Lombok. Saya mengenal Senggigi pertama kali dari kaos H&R pas jaman SMP. Saat itu, saya tidak pernah sekalipun bakal mengira akan benar-benar menapakkan kaki di salah satu pantai seperti dalam gambar di kaos H & R tersebut.

Suatu Pagi di pantai di dekat homestay sonya

Banyak pantai-pantai yang bisa dikunjungi di kawasan ini karena selepas memasuki Gerbang Senggigi, luasnya laut biru dengan pasir putih atau hitam terhampar luas di depan mata. Menakjubkan! Selain itu, beberapa view point di puncak bukit tentu menambah keistimewaan kawasan Senggigi selain tentu saja wisata pantai atau kuliner di beberapa cafe atau pub.

@MALIMBU

Malimbu masih berada dalam kawasan senggigi, meskipun jaraknya cukup jauh dari pusat keramaian Senggigi.  Malimbu sendiri merupakan sebuah bukit di pinggir jalan yang digunakan sebagai view point untuk menikmati indahkan pantai pesisir barat lombok. Dari Malimbu, pemandangan laut lepas terlihat sempurna, apalagi jika cuaca cerah Gunung Agung di Pulau Bali terlihat jelas. Begitu pula dengan tiga gili legendaris pun tampak jelas terlihat. Selain itu, tentu saja hamparan pantai siap memanjakan kaki!

Untuk menuju Malimbu, bisa menggunakan bemo (angkot) menuju arah Bangsal.

@PURA BATU BOLONG

Masih berada di kawasan Semanggi, keheningan pura di tepi pantai ini bisa dijadikan alternatif selain wisata pantai. Memasuki pura, seteleh selendang kuning dikenakan, aroma dupa menyeruak bersama debur-debur ombak yang menenangkan jiwa. Menyusuri jalan pavling hingga ujung pura, laut luas siap menyambut! Salah satu cara lain menikmati Senggigi.

=tip intip senggigi=

@CARA MENUJU

Kawasan Senggigi bisa dijangkau dengan taksi dari Bandara Selaparang dengan mengambil arah berlawanan dengan arah menuju ke Mataram, keluar bandara bisa langsung ambil taksi Blue Bird ke arah kanan. Perjalanan Bandara – Senggigi tidak memerlukan waktu lama hanya sekitar 20-30 menit saja. Memilih taksi bluebird/LK (grup ekspress) bisa dijadikan pilihan dibanding dengan taksi bandara yang mematok tarif argo lebih tinggi.

Selain itu, jika landing di waktu siang bisa menggunakan angkutan umum. Tapi kalo berangkat barengan, tentu saja milih taksi dong, ngapain pelit-pelit jika jatuhnya beda dikit! Hihihi.

@AKOMODASI

Dari hotel berbintang (mulai dari Jayakarta hingga Sheraton) sampai homestay harga di bawah seratus ribu ada di Senggigi sehingga pilihan menginap di Senggigi terasa lebih menarik jika dibanding menginap di kota Mataram karena bisa mendapat suasana pantai yang begitu dekat. Tinggal berjalan beberapa saat dari penginapan, pantai dan laut lepas sudah menanti untuk dinikmati.

Salah satu fasilitas hotel berbintang! *Cuman bisa liat saja …

Selama di Lombok, saya dan teman-teman menginap 3 malam di Senggigi.

Papan Nama Hotel Sonya

Pertama, kami menginap di homestay SONYA dengan harga 1 kamar 80rb/malam tapi kamar mandinya hanya dibingkai tirai saja tanpa pintu sama sekali! Hihihi. Saya memutuskan tidak mandi pagi saat menginap di SONYA! Namun, kesederhanaan SONYA tidak mengurangi rasa breakfast yang sudah include dari biaya kamar, yaitu pancake! SUMPAH, pancake-nya enaaaak bangat!

Pancake isi pisang yang yummy …

Dua malam berikutnya, kami menginap di HOTEL RAY (Ingat, bukan miliknya Mas Tukul ya! Eh, saya juga nggak tahu sih, haha).  Tarif kamar di Ray sebesar 350 ribu/malam  untuk 3 kamar. Masih cukup wajar untuk numpang tidur ala backpacker dengan bonus sarapan pagi roti bakar!

Selain itu, penginapan budget lainnya yang bisa dicoba antara lain Homestay Made atau New Pondok Shinta.

@MAKANAN

Nah, untuk makanan selama di Senggigi pun beragam dari warung tenda pinggir jalan hingga restoran mentereng yang bikin mata jereng karena ngeliatin dompet tipis dengan cepat! Banyak cafe/pub/restoran dengan menu lokal/internasional yang berjajar di sepanjang Senggigi. Tinggal pilih jika duit tinggal cetak karena harganya tidak jauh beda dengan restoran-restoran di Jakarta. Namun bagi wisatawan kelas kere tentu saja bisa bikin makan indomie di hari-hari berikutnya. Hihi.

Salah satu restoran yang sukses bikin kami meringis adalah Yessy Cafe dengan menu andalan ayam taliwang dan pelencing kangkung! Ada harga memang ada rupa, ada suasana, ada cozy, tapi rasanya kadang ada kadang nggak ada! Hahaha. Hot Lemon Tea-nya sih enak! PLAK!

ayam taliwang di yessy cafe

Warung tenda pinggir jalan bisa dipilih jika duit cekak karena udah mangkal nggak laku-laku. Warung seafood hingga pecel lele pun ada di sepanjang Senggigi dengan harga yang normal. Salah satu warung tenda yang direkomendasikan oleh dua teman kami adalah Warung Seafood Cak Poer. Memang warung ini sangat ramai, namun sayang rasanya tidak seramai pengunjungnya. Enak tapi kurang nendang!

@TRANSPORTASI

Selama di Senggigi, jasa bemo (angkot) bisa dijadikan pilihan untuk berkeliling dalam jarak dekat. Sedangkan untuk jarak jauh bisa menggunakan taksi atau menyewa motor untuk berkeliling seluruh Pulau Lombok jika pantat ingin tepos. Haha!

Biar naik bemo tapi tetep gaya donk!

banyak persewaan motor di senggigi

@AKTIVITAS

Selain sunbathing, jemur gigi, pamer buncit, maen kapal-kapalan, pilihan lain selama di Senggigi adalah berkunjung ke Pura Batu Bolong lalu maenan pasir atau maenan air laut. Oh, sama saja ya?

Hmmm…. apa ya aktivitas lain selain itu?

Makan Jagung Bakar sambil liat laut lepas

Makan jagung sambil liat laut? Foto-foto di view point Malimbu dengan background laut dengan gili trawangan yang terlihat jelas? Baca buku di atas pasir? Hmmm…. Kok masih berhubungan dengan laut dan pantai ya! Hahaha.

Hmm… Atau mo mencontoh foto kayak gini di Malimbu? Silakan coba jika mau malu ;p

23 Comments

Filed under NTB, Travelogue

23 Responses to Lombok: Senggigi, Malimbu, Pura Batu Bolong

  1. wah, ahirnya nemu juga info yang dicari2. Nyari cara back packeran murah ke lombok. kebanyakan berahir dengan promo tour agent. tapi yang ini beneran deh amat sangat membantu.
    Nyari2 info tentang angkot susah juga yah, kirain gak ada karena semua orang nyuruh pake taksi.
    Btw, kalo dari airport ke senggigi naek angkot ada yah? Pas kemaren naek taksi kira2 abis berapa tuh?
    Dari sengigi ke malimbu itu jauh gak? anek angkot/bemo kisaran berapa?
    trus ke pura batu bolong? dari senggigi kah ato dari malimbu itu?
    thanks a lot yah bwt infonya.
    btw, catatan diatas amat sangat membantu lho.

  2. dansapar

    @@Apithea:

    Heiii, salam jumpa :)
    mo ke lombok nih kayaknya, hehehe.
    jadi klo mo ke lombok g pk tour itu sangat2 bisa, buktinya aku kmrin juga jalan sendiri

    >> nah, soal angkot di mataram ada kok, bahkan sampe ke luar kota mataram pun ada, tapi ya kudu paham ya kelemahan angkot itu hampir sama di setiap kota, yaitu ngetem! Trus gimana solusinya? kalo berame (6-7 orang) lebih baik sewa mobil harganya bisa tawar (kmrin sih dapatnya 400ribuan), tapi klo cm berdua sewa motor adalah pilihan bijak. Sewa motor banyak ditemuin di sepanjang senggigi.

    >> klo dari angkot airport ke senggigi kurang tau krn kmrin nyampenya malam2 bgt jd terpaksa naik taksi (biaya sekitar 30-40rb)

    >> dari senggigi ke malimbu itu gak terlalu jauh, gak sampe setengah jam kok, sekitar 15menitan kali ya, bahkan klo naik motor mgkin lbh cepat. Naik angkot juga bisa (bentuknya kayak pick up trus dikasih tutup, kayak opeletnya di doel gitu).

    >> dari senggigi ke pura batu bolong itu deket (tergantung nginep di senggigi bagian mana), klo pas nginep deket pura mah tinggal jalan, klo enggak ya tinggal naik angkot 2000 perak.

    >> oh iya, malimbu, senggigi, ma pura batu bolong itu sebenarnya satu kawasan kok ;)

    Happpy travelling yaaa….

  3. trims banyak atas penjelasannya.
    Berhubung kita cuman berdua en sama2 gak bisa naek motor, terpaksalah musti naek angkot, biarpun ngetem, maklum backpackerannya super irit nih xp.
    Makin gak sabar bwt ke lombok nih, mupeng liat foto-fotonya.

  4. dansapar

    @@ apithea: oh g bisa naik motor ya …. siipp… selamat menjelajah ya ;)

  5. GaL

    Huweee naik jugah nih di #Vlog ! :)

  6. dansapar

    yap. #Vlog edisi Lombok #1
    senin bakal masih edisi Lombok #2 sampai seterusnya :)

  7. dhe

    nice info Gan..saya ada rencana mau kelombok kemungkinan sendiri..kl masalah keamanan disana gimana ??
    tau ngga jarak tempuh dr senggigi ke senaru berapa lama trus kl naek angkot berapa ?..thanks mas Bro

  8. dansapar

    @dhe: keamanan selama di lombok, alhamdulillah nggak terjadi apa2, tp emang pas di kuta (lombok selatan) diingetin untuk balik ke hotel sblm malam krn emang daerahnya masih sepi.

    jarak tempuh senggigi ke senaru cukup jauh.
    kebetulan krn kmrin bertujuh jd pas utk sewa mobil, jd kurang tau brp ongkos angkotnya. namun pas di jalan ketemu angkot yg ke arah senaru juga kok.

  9. keyra

    iiiihh…lucu banget sih yang Nulis..bahasanya asekk…hhaaaha..

  10. dansapar

    @keyra: makasih ya udah mampir ;)

  11. anis

    Mas, akhirnya nemu juga ulasan tentang Lombok yang lengkap.
    Aku tolong dibantu dong krn belum pernah sekalipun kesana (kesian yak)
    Rencana kesana tgl 28..4 hari 3 malam saja.Bisa dibantu kemana sj yg juga bisa menyenagkan anakku (umur 6 taon).
    Bener gak nih planku? malam pertama nginep di Sengigi? esok harinya maen ke Trawangan.
    Selanjutnya nginep ke Novotel?
    Tolong dibantu aku Mas. Suwun

  12. dansapar

    @Mba Anis: coba saya bantu, meskipun jg baru pertama ke lombok, hihihi.

    Day 1: Senggigi (ini ada pantai, pura batu bolong, trus bisa sunset di malimbu), kuliner di senggigi/mataram yg lumayan deket. Bener banget nginepnya di senggigi aja, pagi2 bisa jalan2 ke pantai

    Day 2: Boleh ke Trawangan, paling sejam-dua jaman dari sengigi… kegiatannya banyak bgt yg bs dicoba ma putranya, naik sepeda/cidomo, jalan2 di pantai, berenang, snorkeling, liat penyu, keliling ke gili meno/air (nginep di trawangan pastinya krn lbh rame dan fasilitas banyak)

    Day 3: Balik dari Senggigi ke Novotel (di Kuta Lombok kan ya?). Perjalanan bisa makan waktu kurang lebih setengah hari. Nanti ngelewatin kampung adat sasak Sade, bisa mampir (ato pas baliknya). Sorenya jgn lupa liat sunset di Tanjung Aan, tp krn bw anak mungkin g bs pulang terlampau sore ya, pas ke sana kmrin lumayan sepi, mba.

    Day 4: Keliling pantai di novotel hingga kuta trus balik ke bandara, deh

    Have a nice holiday, yaa mba :)
    Ditunggu reportasenya

  13. idha

    Mas,nyari2 info soal lombok nemu blog ini,,ternyata temennya mbak ndah,aku dlu pernah kenalan sama mbak ndah wktu rafting bareng disukabumi,,hehe,,

    plan pgn backpacker ke lombok brg temen2 kampus,cwe2 si,,aman ya kira2?trs kan plannya cm 2 hri,,jdi enaknya gmn?
    rencananya gini :
    sabtu malam smpe airport (krna flightnya transit bali dlu,jdi mw keliling bali dlu lumayan 5 jam cari yg dket2,hehe) smpe lombok jam 7 mlm,,lgsg ke senggigi,,,trs hari minggunya seharian mw keliling gili,kira2 cukup ga ya waktunya?trs mlm seninnya plan mw nginep aja di gili,jdi paginya balik ke sengigi..nah,flight pulangnya kan jam3 an,kira2 skitar 5 jam ngapain ya?klo ke malimbu (cm bwt foto2,hehe) sempet ga ya?

    trs naik taksi dari airport ke sengigi kena berapa?trs klo mw pke tour 3 gili biasanya harganya brpa?trs kita belinya di senggiginya apa di trawangannya?trs nyebrang dari sengigi ke trawangan brapa jam?penyebrangan paling pagi jam brpa?soalnya seninnya pgn pagi nyebrangnya biar bisa jalan2 lagi.

    sori ya mas nanyanya banyak banget,,mklm nanti perginya sma temen2 cwe yg pda mles ribet2(tpi pengennya backpackeran))..hehehe

  14. dansapar

    @Idha: Wow…. berasa kayak diwawancara nih… haha

    Oke deh, dijawab satu2 ya, smoga mencerahkan, ya klo kurang cerah tinggal ditambah ponds saja *eeaa *iklan

    1. Dua hari di Lombok, menurutku sih KURANG! Hahaha *kompor, namun kalo emang cuman ada dua hari ya mo gimana lagi, masih bisa kok dimaksimalken. IMHO, Yg ptg tahu diri dulu jika 2 hari blm bisa explore lombok dgn dalem ;)

    Dan, utk keamanan, di Lombok relatif kondusif kok. Senggigi cukup rame. Ya asal nggak ngider malam2 sendirian aja…hihihi

    2. Plan Tripnya sudah bisa dilaksanain kok:
    DAY 1: malam tiba di Lombok. Langsung ke Senggigi. Malam bisa wisata kuliner di Senggigi. Pagi DAY 2 bisa jalan2 di pantai
    DAY 2: Pagi-pagi banget sempetin maen2 ke pantai (Di senggigi banyak bgt pantai), abis itu siap2 ke Bangsal buat nyebrang ke Gili Trawangan, dkk
    Sarapan bisa dilakukan di homestay/angkutan umum, Senggigi – Bangsal satu jam-an kurang lebih (bisa lewat tengah dgn pemandangan monyet2 sexy di pinggir jalan)
    knp aku saranin ambil jalur tengah, krn biar baliknya bisa ambil jalur pinggir tepi pantai, biar bs mampir Malimbu ;)

    Sebelum siang mungkin udah sampai di Trawangan, bisa cibang – cibung di pantai, liat2 bule (eeaa), ato sekedar duduk, sepedaan, dll.
    Kalo mo ambil one day tour, ngambil tour nya di trawangan, banyak kok. kmrin ngambil itu biar leluasa snorkeling di tengah laut, daripada kudu berenang dari bibir pantai.
    Harga 100rb/kepala, uda termasuk snorkel, dan keliling ke gili lainnya.

    Malamnya, nginep trawangan, wisata kuliner

    DAY 3: Balik dari Trawangan, mampir ke Malimbu (ambil jalur tepi pantai ya), trus ke Pura Batu Bolong, nyari oleh2 di Mataram, atau (jika sempet) mampir ke taman apa gitu (coba googling deh) aku lupa kmrin g mampir. Krn bandara uda g di selaparang (cmiiw) berarti jarak Senggigi – Bandara (di praya ya klo g salah) lumayan lebih jauh dibanding Selaparang – Senggigi jd kudu dipertimbangkan waktunya. Klo flight jm 3 kn berarti kudu sampe bandara ya jm 2 kn ya.

    Oh ya, kaapal Trawangan – Bangsal (PP) dari pagi jg uda ada kok, klo penuh berangkat, saban jam ada tapi ya itu nunggu penuh ;)

    *smoga bisa membantu ya, dha

    Salam

  15. idha

    wuah,,cepet bgt nih jawabnya mas..hehe…pengennya emg lebih lama cm masi kepikiran ngantor ama kuliah.,,temen2 anak2 berbakti pda nusa bangsa soalnya,,pda ga tega bwt bolos kuliah n kerja,,hahaha..ini aja mw ngetrip mendadak gra2 kalap liat promonya gar*da ke lombok..tapi insya Alloh lain kali bakal rencanain ksana lagi (dgn promo tentunya,hehe)

    nah,klo dari senggigi ke bangsal enaknya naik apa mas(aku b4) yg bisa lwt tengah?jauh ga?trs kira2 tarifnya brpa?biar bisa di arrange waktu sama biaya,hehe,,brati dari senggigi ke bangsal pasti ngelewatin malimbu ya?

    trs penyebrangan bangsal ke trawangan ada setiap jam ato gmn?trs brati klo ambil yg one day tour,pas nyampe trawangan lgsg nyari jasa tournya itu y?cukup donk brati sehari gtu,,

    o…udh ga di selaparang lagi ya,,pantes di tiketnya tulisan bandaranya praya,,,kirain nyasar di bangkok..hehe..kira2 perjalanannya brapa jam tu?paling deket ama t4 wisata apa donk sama bandara,biar bsa sekali jalan..

    *nodong info biar jelas,,hehe

  16. dansapar

    @Idha: hahaha…lg istirahat soalnya ;p

    Dibantu lagi ya *prok prok prok

    1. Bangsal – Senggigi yg lewat Malimbu itu lewat jalur pinggir (tepi pantai), klo lewat yg tengah ntar ketemu monyet2 sexy yg nongkrong di pinggir jalan, waktu tempuhnya kurang lebih 1-2 jam kali ya *rada lupa*. moda angkutannya bisa nyewa angkot (modelnya pick up dikasih penutup), ntar nawar aja berapa sekali jalan ke Bangsal. dan perlu dicatat, angkot ini g sampe pelabuhan krn mobil g boleh sampe ke pelabuhan, jd kudu make jasa dokar. tarif wajar kok, maksudnya g ditodong mahal.

    2. Bangsal Trawangan hampir tiap jam ada, tp terpaginya jam berapa kurang tahu, sih. tapi menurutku jam 9 kayaknya jg uda ada.

    3. Klo one day tour bisa mnt tolong dicariin sama pemilik home stay ato hunting sendiri, banyak kok yg ngasih papan penawaran one day tour di trawangan

    4. Kalo obyek di Lombok Tengah (Praya) kurang tau, soalnya kmrin g muter di lombok tengah, sih. coba googling deh, cari yg letaknya di lombok tengah ya. mungkinyg lumayan dekat tuh kampung adat sasak di sade *mudah2an bener*

    5. Iya berarti bner bandara udah di praya, ke senggigi mungkin lebih dari sejam-an kali ya. klo selaparang ke senggigi deket

  17. idha

    wah,,oke2,,makasi banget nih mas pencerahannya,,tar tak minta bantuin ama kangmas google,,paling ngga dh dpt gambaran,ga buta2 bgt,,yg penting brani,,,hehe,,nanti klo ada yg penasaran aku tnya2 lagi ya mas,,

    thanks banget lho yaa.:-D

  18. dansapar

    @Idha: sama2, dha. happy travelling ya… ditunggu kisah2 serunya… *lha ternyata ga ada alamat blog nya*

  19. Elly frida

    Mas dansapar perkenalkan nama saya elly
    Mas saya mau kelombok kira2 7 hari, ini sebenarnya baru rencana untuk bulan mei nanti penerbangan yg langsung tanpa transit itu pakai maskapai apa ya mas?? Saya kelombok sendirian mas kira2 aman kah untu wanita seperti saya ini?? Tolong bantuin plan trip saya donk mas rencananya saya mau ke gili gede, rinjani dan ngeliat air terjun, makasih mas atas bantuannya

  20. dansapar

    @Mba Elly: penerbangan ke lombok yg direct banyak, mba, kayak Garuda/Lion. Trus, untuk ke Lombok sendirian bagi wanita aman2 saja kalo kelilingnya siang hari, kalo malam Lombok relatif sepi.

    Untuk itinerary:
    DAY 1: Praya (bandara) – Bangsal – Gili Trawangan dkk
    DAY 2: explore gili trawangan, meno, air
    DAY 3: Bangsal – Senaru-air terjun
    DAY 4: rinjani (saya belum pernah ke rinjani, jadi kurang begitu tahu butuh berapa lama untuk mendaki)
    DAY 5: rinjani
    DAY 6: rinjani
    DAY 7: gili gede- praya (bandara)

    semoga bisa membantu

  21. yup, dari baca postingan mas dansapar sebelum explore ke lombok, jd dapet pencerahan info. FYI, gara2 ini juga aku ngebet nginep di sonya homestay lho hehehe. silahkan mampir di blog saya yg nulis sonya homestay ^^. thx untuk info2nya. Ini ganti alamat url ya, perasaan dulu pake multiply. aku kembali nemuin di celoteh backpacker

  22. idha

    wah,,buka2 mw beresin bookmark jdi keinget blog ini..belom kasi laporan perjalanan…btw makasi mas pencerahan2nya wktu itu,,tpi emg kyknya salah bulan waktu kesana,,sekalian kasi tau ketemen2 yg mau kelombok,,jgn bulan februari…hahahahaa…
    rencana mw naik kapal dari bangsal,,trnyta pda hari itu bangsal ditutup krna cuaca ga bersahabat,,ombaknya lumayan besar plus angin,,jdi kapal2 ga berani nyebrang,,tpi kita2 nekat krna udh smpe lombok ga mampir gili trawangan itu kyk bubur ayam ga ada ayamnya..*pengaruhlaper*..alhasil sewa speed boat seharga 700rb dibagi b4.. demi gili2 itu…ampunn,,,ga jdi beneran backpacker,,kita sebutnya backpacker ekslusif,,yg penting bawa tas cangklong.. XD ga nginep di gili trawangan,,tpi besoknya lumayan seneng krna bisa mampir ke bnyak tempat kyk pantai kuta,pantai mawun,tanjung aan yg keren itu,,n ke sasak sade,walopun cm mampir bntaran,,(bwt foto2 narsis)

    eh ada rekomen nih penginapan..namanya “the beach club” aku kmrn ngnep disitu cm 150rb per kamar,,,tempatnya dipinggir pantai pass di sengigi,,jdi kyk nginep dihotel nan mahal itu yng punya pantai pribadi..XD..kamar mandi dlm,ada tvny juga..ada kolam renangnya,walopun yg 150rb itu modelnya 1 rumah ada 2 kamar,(soalnya ada yg model bungalow perkamar yg hrganya lebih mahal),,tpi krna aku b4 jdi 1 rumah itu bwt kita,,hehe..banyakan bule2 yg nginep disitu,,krna t4nya terbatas,,jdi ya tergantung keberuntungan lah yaa..kmrn aku pesen lewat agoda,,alhamdulillah lancar…emg ga cukup sbntar klo ke lombok…tdinya rencana mw cari tiket murah lagi mas dari garuda,,ternyta,,taun ini promo garuda ga semurah promo taun lalu…hiks..hiks..hiks..

    btw makasi lho yaaa…

  23. dansapar

    @Idha: Hai salam jumpa kembali…. terima kasih sharing ceritanya yaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>